/

Rabu, 08 Februari 2012

CARA PENANGGULANGAN PERKEMBANGAN ILMU BIOLOGI AGAR TIDAK MENIMBULKAN BAHAYA BAGI KEHIDUPAN

Sesuatu yang baru tentu akan menimbulkan dampak atau pengaruh, baik itu pengaruh dari segi positif maupun yang negatif. Oleh sebab itu, aku memberikan beberapa rincian tentang cara menanggulangi perkembangan ilmu biologi. Adapun cara yang harus dilakukan yaitu diantaranya :

1.    Tetap mengontrol perkembangan ilmu biologi tersebut. Misalnya pengguna senjata biologi dinegara-negara. Pemerintah yang ada di negara tersebut harus mampu mengontrol pengguna senjata biologi. Senjata biologi jangan sampai disalahgunakan sehingga bisa menimbulkan bahaya bagi kehidupan manusia. Karena penggunaan senjata biologi yang menggunakan bakteri dapat menggangu kehidupan mahluk hidup di dunia. Hal ini juga harus diimbangi dengan cara peduli terhadap lingkungan.
Peningkatan kesadaran dan kepedulian lingkungan hendaknya dilakukan melalui 3H, yakni head (kepala), heart (hati), dan hand (tangan). Artinya seseorang diberi tahu atau diberi pemahaman. Namun pemahaman saja tidak cukup. Seseorang perlu diberi contoh agar muncul sifat yang positif. Kegiatan memberi contoh merupakan pemahaman melalui hati. Selain itu, jika perkembangan ilmu biologi bisa di kontrol oleh pihak yang memiliki wewenang untuk itu, maka bisa mengurangi resiko disalahgunakannya perkembangan ilmu biologi.

2. Lebih berhati-hati dalam menggunakan bahan-bahan berbahaya seperti pestisida yang berlebihan.Karena penggunaan dalam waktu lama dapat menyebabkan hama menjadi resisten dan sisa pestisida yang mencemari tumbuhan atau lingkungan. Jika lingkungan tercemar, kehidupan manusiapun tidak akan aman.


3.    Karena ada beberapa bahaya yang bisa timbul jika disalahgunakannya perkembangan ilmu biologi, oleh sebab itu kita harus meminimalisir ataupun menghilangkan bahaya tersebut dengan cara tidak melakukan hal-hal yang dapat menimbulkan bahaya. Misalnya  karena adanya perkembangan ilmu biologi seperti pada penggunaan gas CFC (klorofluorokarbon). Gas ini banyak digunakan sebagai gas pengembang (pembuat karet busa), pendingin (AC, kulkas), dan penyemprot (hair spray, parfum). Semakin banyaknya penggunaan CFC akan menyebabkan semakin banyak gas tersebut yang terlepas ke udara dan mencapai lapisan stratosfer.
Di stratosfer terdapat gas ozon (O3) yang merupakan lapisan gas pelindung bumi dari cahaya ultraviolet. Adanya lapisan ozon menyebabkan cahaya ultraviolet terpantul ke ruang angkasa dan hanya sebagian kecil yang mencapai bumi. Gas CFC di stratosfer dapat bereaksi dengan gas ozon  sehingga dapat merusak lapisan ozon. Rusaknya lapisan ozon dapat menyebabkan tumbuhan di bumi menjadi kerdil, alga di laut punah, terjadi mutasi genetik (perubahan sifat organisme), menyebabkan kanker kulit dan mata.
 
4.    Kita harus melihat atau menggunakan perkembangan ilmu biologi dari segi positifnya. Misalnya pemanfaatan bioteknologi pangan seperti kultur jaringan. Kultur jaringan yaitu tekhnik mengembangbiakan tumbuh-tumbuhan dengan cara mengisolasi (mengambil sebagian kecil dari tubuh tumbuhan) bai berupa sel, jaringan, organ, maupun sitoplasma untuk dikembagkan dalam   yang memiliki wadah yang steril yang mengandung nutrisi, sehinga dalam waktu yang relatif singkat bagian tanaman tersebut akan tumbuh menjadi beribu-ribu tanaman baru. Kelebihan dari kultur jaringan yaitu :
*  Tanaman dapat dihasilkan dalam jumlah yang banyak dalam waktu yang singkat.
*  Tidak membutuhkan lahan yang terlalu luas.
*  Tanaman baru terbebas dari hama penyakit karena dikembangkan pada wadah yang steril.
*  Mudah dalam perawatan.
 
5.    Selain pemanfaatan biotekhnologi pangan, kita juga bisa menggunakan senjata biologi yang bisa membunuh hama dan virus penyakit.

Semoga bermanfaat, gamsahabnida !


3 komentar:

Indah Permata mengatakan...

berguna sekali . thanks yaa ;) ohya, ikuti blog aku yaa :)aku udah ikuti blog kamu juga ;)

Alvita Niamullah mengatakan...

sama sama.. ookkeyyy. terima kasih ats kunjungannya.

Unknown mengatakan...

Terima kasih
Bermanfaat buat saya