/

Senin, 09 April 2012

FUNGSI KARBOHIDRAT

Karbohidrat atau hidrat arang merupakan senyawa yang mengandung C, H, dan O dengan perbandingan H dan O = 2 : 1 dan dinyatakan dengan rumus umum Cn(H2O)n. Secara kimiawi, karbohidrat dapat didefinisikan sebagai turunan aldehida (polihidroksi aldehid) atau turunan keton (polihidroksi keton) dari alkohol, atau juga karbohidrat berarti senyawa yang dapat dihidrolisis (bereaksi dengan air) menghasilkan aldehida atau keton. Berdasar panjang rantai karbon, karbohidrat dibagi 3, yaitu:
1)    Monosakarida. Merupakan karbohidrat yang tidak bisa dihidrolisis menjadi bentuk yang lebih sederhana dibagi menjadi triosa, tetrosa, pentosa, heksosa, heptosa. Heksosa dalam tubuh antara lain glukosa, galaktosa, fruktosa dan manosa.
2)   Oligosakarida. Menghasilkan 2 -6 monosakarida melalui hidrolisis. Oligosakarida yang penting dalam tubuh adalah disakarida yang menghasilkan 2 monosakarida jika dihidrolisis, contoh disakarida antara lain: sukrosa (gula pasir), laktosa (gula susu), dan maltosa (gula gandum). Hidrolisis sukrosa menghasilkan glukosa dan fruktosa. Hidrolisis laktosa menghasilkan galaktosa dan glukosa. Hidrolisis maltosa menghasilkan dua molekul glukosa.
3)   Polisakarida. Menghasilkan lebih dari 6 monosakarida melalui hidrolisis. Contoh: pati, glikogen, insulin, selulosa, dekstrin.

Sumber Karbohidrat
Sumber karbohidrat yaitu: padi-padian (beras, gandum, jagung), umbi-umbian (singkong,
ubi, kentang), tepung, sagu.

Fungsi Karbohidrat:
o    Sebagai sumber energi utama.
o    Berperan penting dalam metabolisme.
o    Menjaga keseimbangan asam dan basa.
o    Pembentukan struktur sel, jaringan, dan organ tubuh.
o Membantu proses pencernaan makanan dalam saluran pencernaan.
o    Membantu penyerapan kalsium, misalnya laktosa.
o    Bahan pembentuk senyawa kimia lain, seperti lemak dan protein.
o    Karbohidrat beratom C lima buah, yaitu ribosa adalah komponen DNA dan RNA.


Tidak ada komentar: