/

Senin, 09 April 2012

KEGUNAAN DARI BENZENA

1.  BENZENA
Benzena digunakan sebagai  pelarut untuk berbagai jenis zat. Selain itu, benzena merupakan bahan dasar untuk membuat stirena, yaitu bahan untuk membuat sejenis  karet sintetis. Benzena juga merupakan bahan dasar untuk membuat nilon 6,6. Benzena bersifat racun dan merupakan  zat karsinogen.

2.  TOLUENA
Digunakan sebagai pelarut dan segai bahan dasar untuk membuat trinitrotoluena, senyawa yang digunakan sebagai bahan peledak (dinamit).

3.  FENOL
Larutan fenol dalam air bersifat asam lemah (Ka = 1 10-10 ).Reaksi fenol dengan basa membentuk garam fenolat. Misalnya NaOH. Sifat lain dari fenol adalah seperti alkohol. Fenol digunakan sebagai antiseptik karena dapat membunuh bakteri. Hal ini terkait dengan sifat fenol yang dapat menyebabkan denaturasi protein. Akan tetapi fenol juga bersifat racun  bagi manusia, sehingga telah diganti dengan antiseptik lain.

4.  ASAM SALISILAT
Adalah nama lazim dari asam o-hidroksibenzoat. Ester dari asam salisilat dengan asam asetat digunakan sebagai obat dengan nama aspirin atau asetosal.

5.  ASAM BENZOAT, C6H5COOH
Adalah suatu asam lemah, sedikit lebih kuat dari asam asetat. Asam benzoat atau garam natriumnya (C6H5COONa = natrium benzoat) digunakan sebagai pengawet pada berbagai makanan olahan.

6.  ANILINA, C6H5NH2
Anilina bersifat basa lemah, merupakan bahan dasar untuk pembuatan zat-zat warna diazo. Anilina dapat dibuat dari nitrobenzena  melalui reaksi dua tahap. Pertama nitrobenzena direduksi oleh hidrogen yang berasal dari reaksi timah dengan HCl pekat, menghasilkan garam anilinium klorida. Selanjutnya, garam anilinium klorida direaksikan dengan natrium karbonat menghasilkan anilina. Anilina dapat diubah menjadi garam diazonium dengan bantuan asam nitrit (HNO2 = HONO) dan asam klorida.
Garam diazonium selanjutnya dapat diubah menjadi berbagai macam zat warna, salah satu contohnya diberi nama “merah no 2“. Zat warna “merah no 2“ ini dulu digunakan sebagia pewarna minuman, tetapi ternyata bersifat sebagai mutagen. Kini zat itu digunakan sebagai pewarna wol  dan sutera.

Tidak ada komentar: